Tips Merawat Rantai Motor Agar Tetap Nyaman dan Aman

Tips Merawat Rantai Motor Agar Tetap Nyaman dan Aman

Merawat Rantai Motor

Selalu memeriksa dan merawat kondisi motor adalah hal yang wajib untuk dilakukan. Dengan melakukan pemeriksaan dan perawatan secara rutin, maka kita akan mengetahui bagiamana kondisi motor yang kita kendarai. Selain itu, kita juga bisa melakukan pencegahan dari berbagai kemungkinan kerusakan. Salah satu hal yang harus kita lakukan adalah merawat rantai motor.

Meskipun rantai merupakan komponen luar mesin pembakaran, namun rantai juga memegang peran yang sangat vital dalam sepeda motor. Tanpa adanya rantai, maka tentu sepeda motor tidak akan bisa digunakan. Dalam penggunaan sepeda motorpun, apabila kondisi rantai menurun, maka akan berpengaruh terhadap performa sepeda motor itu sendiri. Beberapa gangguan yang sering terjadi pada rantai motor adalah rantai kering, rantai kendur, serta rantai dan gear telah aus.

Beberapa Tips Merawat Rantai Motor

Berikut ini beberapa tips dalam merawat rantai motor, sehingga performa motor akan tetap terbaik, aman, dan nyaman:

1. Menggunakan Pelumas Rantai

Tidak hanya mesin pembakaran yang memerlukan pelumas, melainkan rantai juga memerlukannya. Apabila tidak diberikan pelumas, maka gesekan dan tumbukan yang terjadi pada rantai dengan gear akan mengakibatkan rantai mudah aus, bahkan mudah putus.

Selain itu, umumnya rantai motor juga berhadapan langsung dengan kondisi lingkungan, sehingga mudah terpapar air dan kotoran. Tanpa ada pelumas, maka rantai juga mudah mengalami korosi. Jika sudah seperti ini, rantai akan kering, kaku, bersuara, serta mduah keropos.

2. Menjaga Kebersihan Rantai

Rantai yang terbuka, otomatis akan selalu terpapar angin jalanan yang penuh kotoran. Oleh karena itu, rantai harus rutin dibersihkan agar bersih dari kotoran yang mampu mengakibatkan rantai kaku dan mudah aus. Setelah rantai dibersihkan dan dikeringkan, jangan sampai lupa untuk kembali memberikan pelumas agar performa tetap terjaga.

3. Memeriksa dan Menyetel Rantai Secara Rutin

Rantai yang banyak bekerja tentu juga akan lebih berpotensi mengalami kekenduran. Oleh karena itu, Anda harus rutin melakukan pemeriksaan terhadap kekencangan rantai, apakah terlalu kendur atau justru terlalu kencang.

Baca juga: Ini Dia Tips Agar Motor Matic Irit Bensin

Tips merawat rantai motor di atas bisa Anda terapkan agar rantai sepeda motor Anda tetap aman, nyaman, dan mendukung performa sepeda motor. Selalu periksa dan berikan perawatan secara berkala agar rantai tahan lama.

You May Also Like

About the Author: halloapakabar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *