Ketahui Kekurangan dan Kelebihan Smart TV Sebelum Membelinya

0
20132

Ketahui Kekurangan dan Kelebihan Smart TV Sebelum Membelinya

Inovasi teknologi Smart TV saat ini menjadi sebuah trend yang cukup banyak diminati di masyarakat. Beberapa dari Anda mungkin belum tahu apa itu smart tv dan apa keunggulan dan kelemahan jika menggunakan jenis TV ini. Meskipun belum banyak digunakan, namun TV jenis ini sudah banyak diperbincangkan dan menarik minat para pengguna teknolog. Lalu apa itu sebenarnya smart TV dan apa saja kelebihan dan kekurangan jika menggunakan teknologi ini? Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

kelebihan smart tv

Kelebihan Smart TV Serta Penjelasannya

Berbicara tentang apa itu smart TV, Anda pasti langsung terpikir oleh smartphone bukan? Ya, teknologi yang digunakan pada smart TV ini juga tidak jauh berbeda dengan smartphone, dimana pengguna bisa merasakan kemudahan dan keramahan penggunaan. Di dalam smart TV ini terdapat prosesor yang memungkinkan penggunanya untuk mengoperasikan TV layaknya mengoperasikan komputer. Anda bisa mengoperasikan beberapa aplikasi lain melalui TV, seperti browsing, streaming dan bermain game. Namun fitur-fitur ini juga tergantung pada setiap merek TV.

Setelah mengetahui apa itu smart TV, hal lain yang harus Anda ketahui adalah kelebihan dan kelemahan teknologi ini. Setiap teknologi tentu memiliki kelebihan dan kekurangan yang pastinya harus diantisipasi oleh setiap penggunanya. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangannya, Anda bisa memiliki sudut pandang dan informasi lebih sebelum membeli jenis TV ini.

1. Terdapat Fitur Browser dan YouTube

Keunggulan utama yang ditawarkan oleh teknologi smart TV adalah fitur-fitur canggihnya. Fitur seperti browser dan YouTube memungkinkan Anda mengakses kedua laman atau situs ini dengan mudah melalui televisi. Dengan fitur ini tentu meningkatkan kemudahan dan menambah kenyamanan saat menonton. Menggunakan smart TV ini juga memungkinkan Anda untuk memilih sendiri tayangan favorit Anda, baik itu dari fitur youtubenya, maupun dari layanan berbayar jika Anda menggunakan tv berbayar. Keunggulan fitur ini akan sangat membantu Anda untuk selektif terhadap tayangan yang ingin Anda berikan untuk keluarga.

2. Terdapat Fitur Playback

Fitur unggulan lain yang juga menjadi kelebihan smart TV adalah adanya fitur playback. Fitur ini memungkinkan Anda merekam dan memutar kembali tayangan favorit Anda. Bagaimana dengan penyimpanannya? Di dalam smart TV ini juga sudah tersedia kapasitas penyimpanan untuk menyimpan tayangan yang Anda rekam. Meskipun kapasitasnya tergolong kecil, Anda masih tetap bisa menyimpan tayangan yang cukup. Belum lagi adanya perangkat tambahan eksternal lain yang juga mendukung fungsi ini.

3. Dapat Mengunduh Aplikasi

Kelebihan berikutnya yaitu pengguna smart tv dapat mengunduh aplikasi yang telah disediakan oleh tv. Karena mereka memiliki OS sendiri maka tv ini dapat juga mengunduh game kedalam smart tv layaknya seperti smartphone juga dapat mengunduh game. Salah satu sistem operasi atau OS yang popular untuk memanjakan kita di smart tv ini adalah OS android yang memiliki play store, kalian tinggal mencari aplikasi yang kalian inginkan lewat play store dan mengunduhnya saja, hal ini tentunya akan sangat memanjakan kita ketika menggunakan smart tv dalam keseharian kita.

4. Memiliki Sistem Operasi (OS)

Kelebihan yang ke 4 layaknya seperti smartphone, laptop dan kawan-kawannya yang memiliki sistem operasi yang canggih, di smart tv juga demikian memiliki sitem operasi atau OS tersendiri, biasanya setiap perusahaan memiliki OS masing-masing yang berbeda seperti smart tv dari samsung mereka menggunkan OS Tizen, LG menggunakan OS WebOS, dan Sony menggunakan OS Android TV. Dengan adanya OS pada smart tv tentunya kita akan dipermudahkan untuk menjalankan atau mengoperasikan tv tersebut.

5. Menampilkan Layar Smartphone

Kelebihan yang satu ini tidak kalah menarik dari yang sebelumnya, karena fitur ini penting juga disaat anda mau menonton film yang ada di smartphone kalian tetapi tampilannya sangatlah kecil, tenang aja kalian bisa memanfaatkan fitur screen mirroring ini untuk menampilkan layar smartphone kalian ke smart tv agar lebih memuaskan dalam segi pandang. Salah satu contoh smart tv yang menggunakan screen mirroring adalah dari salah satu brand samsung yaitu Samsung UA32J4303 dengan harga yang terjangkau, diluaran sana masih banyak lagi yang telah menggunakan screen mirroring pada smart tv.

6. Desain Lebih Elegan

kelebihan yang kelima ini bukan dari fiturnya lagi ya tapi dari segi penampilannya yang begitu elegan sehingga pandangan mata kita itu enak sekali melihat desain dari smart tv yang tidak kalah dari tv biasa. Dengan adanya desain yang elegan dari perusahan yang memproduksikannya ke masyarakat tentu memiliki daya tarik tersendiri dengan desainnya. Ruangan anda akan terlihat lebih bagus jika menggunakan smart tv dengan layar dan bezel yang tipis sehingga lebih menyatu dengan ruangan itu sendiri dan juga jika kita memiliki ruangan yang kecil tidak akan masalah karena desainnya itu tadi sangat cocok untuk ruangan yang lebih kecil.

Kekurangan Smart TV

Dalam sebuah produk elektronik tentu juga ada memiliki kekurangan dari segi mesin maupun dari segi fisik luarnya, untuk lebih jelasnya mengenai kekurangan smart tv simak di bawah ini telah saya rangkum sedikit.

1. Memerlukan Jaringan Internet

Setelah mengetahui apa itu smart Tv serta  keunggulannya, smart TV ini juga pasti memiliki kelemahan. Salah satunya adalah memerlukan adanya jaringan atau koneksi internet. Agar Anda bisa menikmati fitur yang disebutkan di atas, maka TV Anda juga harus sudah terkoneksi ke jaringan internet. Anda juga harus memasang jaringan internet sendiri, karena fitur tersebut tidak akan tersambung sendiri ke koneksi internet.

Baca juga: Cara Memilih Smart TV

Perkembangan teknologi yang semakin pesat tentu tidak bisa dihindarkan di era teknologi seperti saat ini. Perkembangan teknologi ini tentu memiliki sisi negatif dan positif. Seperti misalnya pada teknologi smart TV yang beberapa waktu belakangan sedang menjadi trend. Meskipun belum banyak digunakan, teknologi terbaru TV ini sudah cukup menjadi perbincangan. Nah, jika Anda ingin menggunakan teknologi ini, informasi tentang apa itu smart TV dan apa saja kelebihan smart TV serta kelemahan dari teknologi ini menjadi informasi penting yang harus Anda ketahui. Informasi ini akan memberikan referensi tambahan yang bisa Anda gunakan sebelum membeli smart TV.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here