Faktor Penyebab Trafo Bergetar Mudah Panas dan Solusi Menghemat Energi Listrik

0
727

Faktor Penyebab Trafo Bergetar Mudah Panas dan Solusi Menghemat Energi Listrik

trafo bergetar

Trafo atau transormator adalah salah satu komponen listrik yang memiliki tugas sebagai penghubung antara daya listrik dari sumber seperti PLN ke beban atau konsumen. Keberadaan trafo sangat penting dalam memastikan bahwa distribusi listrik tetap berjalan dengan lancar. Untuk memastikan bahwa kualitas trafo tetap terjaga, dibutuhkan jasa perawatan trafo berpengalaman yang dapat melakukan servis dan pengecekan secara berkala.

Penyebab Trafo Mudah Panas dan Bergetar

Salah satu masalah yang kerap dihadapi oleh transformator adalah suara getaran seperti mendengung dan juga mudah sekali panas. Oleh sebab itu perlu diketahui apa saja yang bisa menyebabkan trafo mudah panas dan bergetar hebat.

Inti atau Core Trafo Tidak Rapat

Teknisi yang tidak memasang inti trafo dengan tepat akan membuat inti menjadi cenderung longgar dan mudah bergetar ketika digunakan. Selain itu, pemasangan baut yang cenderung longgar juga bisa menjadi faktor penyebab timbulnya dengung atau getaran. Getaran bisa timbul karena saat trafo bekerja, maka trafo akan dialiri oleh listrik. Solusi untuk kondisi ini tentu adalah pengencangan kembali bagian trafo yang longgar.

Sementara jika masalahnya ada pada inti trafo, Anda disarankan untuk memberikan tambahan inti trafo supaya ruang di dalam trafo yaitu antara inti dan lilitan kawat tidak terlalu jauh. Anda juga bisa memberikan tambahan laks untuk mengisi antar celah agar lempeng di dalam core trafo terisi. Anda bisa meminta jasa service trafo untuk memperbaiki masalah ini.

Baca juga: Fungsi dan Cara Kerja Alat Penghemat Listrik

Inti Trafo Memiliki Kualitas Buruk

Inti di dalam trafo memainkan peranan yang sangat penting terhadap kinerja trafo secara keseluruhan. Pastikan Anda hanya menggunakan trafo dengan inti berkualitas. Perlu diketahui bahwa kualitas trafo bisa menurun sampai 50% ketika inti ditekuk dan dipukul saat proses pembuatan.

Memang benar hal ini tidak bisa dihindari mengingat dibutuhkan ketika produksi namun ada beberapa cara penanganan yang bisa dilakukan. Proses annealing pada material bisa menurunkan risiko kerusakan pada inti trafo.

Sewatama adalah perusahaan penyedia tambahan daya listrik yang juga menawarkan maintenance trafo berkala. Didukung oleh teknisi handal dan berpengalaman, Anda tidak perlu ragu lagi mengenai kualitas pekerjaan yang ditawarkan.

Solusi Menghemat Energi Listrik dalam Industri

Seperti kita ketahui perusahaan industri pastinya banyak menggunakan tenaga energi listrik, terutama industri mesin yang setiap harinya bahkan setiap waktu mesin terus berjalan. Bagimana dengan kondisi mesin tersebut, dilansir dari sewatama.com salah satu yang bisa dilakukan perusahaan industri yaitu dengan melakukan Power Service Solution dimana ini berguna untuk mengecek seberapa besar kekuatan atau daya yang mampu dihasilkan oleh mesin-mesin yang digunakan. Untuk tips lainnya dalam menghemat energi listrik, simak dibawah ini :

1. Mengecek Unit Operasional yang Boros Listrik

Biasanya unit operasional di sektor industri akan boros listrik jika dinyalakan terus menerus. Padahal, belum tentu komponen operasional tersebut pasti digunakan sepanjang waktu. Unit operasional yang paling berisiko menimbulkan boros listrik wajib dicek scara berkala. Pastikan bahwa unit tersebut segera dinonaktifkan saat tidak digunakan.

2. Mengganti Mesin Operasional yang Sudah Usang

Mesin operasional yang sudah usang bukan cuma mengalami penurunan kapasitas produksi. Lebih dari itu, mesin-mesin operasional versi lama tersebut pasti tidak dilengkapi teknologi hemat energi. Demi memaksimalkan upaya penghematan listrik, segera gunakan alat terbaik untuk mesin operasional baru. Jangan lupa mencari referensi tentang mesin-mesin hemat energi sebelum membelinya.

3. Memeriksa Sistem Pencahayaan

Perusahaan bisa memanfaatkan sistem pencahayaan alami untuk mendukung upaya penghematan energi. Sehingga sistem pencahayaan alami tersebut siap dimanfaatkan sejak pagi hingga sore hari. Hal penting lainnya yang bisa Anda siapkan adalah lampu LCD. Jenis lampu ini membutuhkan daya listrik relatif kecil dan pencahayaannya lebih maksimal dibandingkan teknologi lampu terdahulu.

4. Menggunakan Sumber Listrik Hemat Energi

Sumber energi berbasis hybrid kini tak sulit ditemukan. Bahkan sudah banyak perusahaan besar yang memanfaatkannya untuk menghemat listrik. Anda bisa mendapatkan informasi dan produknya secara lengkap di Sewatama.

Tak hanya menyiapkan sumber energi ramah lingkungan, Sewatama juga menyiapkan perangkat genset yang ramah lingkungan dan hemat energi. Jika dulu sewa genset Sulawesi dan kota-kota lainnya sulit, sekarang Anda tak akan kesulitan lagi sejak mengandalkan Sewatama.

5. Melatih Kedisiplinan Para Pekerja

Menggunakan alat listrik hemat energi dan  sistem teknologi hemat energi belum cukup jika perusahaan tidak menerapkan kedisiplinan bagi para pekerja. Karena kebiasaan para pekerja dalam menjalankan proses operasional pasti berpengaruh terhadap konsumsi listrik secara keseluruhan. Pastikan kalau seluruh pekerja sudah memahami dan mengimplementasikan etos kerja hemat energi secara konsisten.

Jika perusahaan Anda sudah melakukan 5 langkah tersebut, niscaya upaya penghematan listrik akan berlangsung maksimal. Menekan penggunaan listrik berarti mendukung efisiensi biaya perusahaan secara keseluruhan. Siapkah perusahaan Anda memulai upaya hemat listrik dari sekarang?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here