Halloapakabar.com, Jakarta – Hasil test drive efisiensi bahan bakar terhadap Honda Brio bertajuk Drive 2 Excitement) menunjukkan city car ini 1 liter bahan bakar mampu menempuh jarak 21,9 km. Bahkan pengujian tertinggi 1 liter bahan bakar bisa dipakai menempuh jarak 28,9 km.

Adu irit dilakukan oleh awak media dengan PT Honda Prospect Motor (HPM) di Jl Gaya Motor Sunter Jakarta Utara hingg ICE, BSD sepanjang 56 km. Pemenang tantangan hemat ini ditentukan dari hasil akhir efisiensi bahan bakar rata- rata tertinggi yang terekam pada Multi Information Display (MID) yang terdapat di panel New Honda Brio.

Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT HPM Jonfis Fandy menilai hasil yang dicapai para peserta tantangan hemat kali ini sangat baik. mereka bisa merasakan langsung efisiensi bahan bakar dari mesin i-VTEC New Honda Brio.

“Mesin ini menghasilkan tenaga yang lebih besar serta teknologi CVT yang lebih kompak dan canggih. Kombinasi keduanya dapat menghasilkan pencapaian efisiensi bahan bakar yang baik tanpa mengurangi performa dari New Honda Brio sendiri,” ujarnya di Jakarta (29/10).

Seluruh varian New Honda Brio didukung oleh mesin i- VTEC 1.2 liter dengan tenaga dan torsi terbesar di kelasnya. Mesin New Honda Brio menghasilkan performa dinamis dengan tenaga maksimal 90 PS pada 6.000 rpm dan torsi 110 Nm pada 4.800 rpm.

Mesin Honda Brio selain hemat bahan bakar dan juga ramah lingkungan. Kini performa berkendara yang dinamis namun tetap efisien pada New Honda Brio Satya juga telah didukung oleh pilihan transmisi CVT dengan Earth Dreams Technology yang pertama di kelasnya.

Continously Variable Transmission (CVT) adalah transmisi otomatis yang dikontrol secara elektronik dengan drive pulley dan driven pulley serta steel belt. Sesuai dengan namanya, sistem ini tidak beroperasi menggunakan rasio Gear, melainkan bekerja dari kecepatan rendah ke kecepatan maksimum dengan responsif dan tak terputus.

Penerapan teknologi CVT menghasilkan akselerasi yang konstan sesuai dengan kecepatan mesin serta mendukung konsumsi bahan bakar yang lebih efisien karena hilangnya gejala shift shock yang terjadi pada sistem transmisi otomatis konvensional.

Dengan struktur baru pada Teknologi CVT yang telah disempurnakan pada New Honda Brio, bobot komponen juga berkurang sebanyak 10 persen sehingga semakin meningkatkan kinerja mesin dan efisiensi bahan bakar. (ted/hlb)