Halloapakabar.com, Bali – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menilai Asia Pacific Telecommunity (APT) telah memainkan peran penting dalam pengembangan sektor telekomunikasi, inovasi teknologi, dan ekonomi dan sosial wilayah serta global.

“Asia Pacific Telecommunity (APT) telah memainkan peran penting dalam ITU dan organisasi internasional dan regional lainnya, menyediakan berbagai program kerja yang nyata untuk keanggotaannya dan memainkan peran sentral pengembangan sektor telekomunikasi, inovasi teknologi, dan ekonomi sosial global,” paparnya dalam Pembukaan The 2nd Meeting of the APT Conference Preparatory Group for WRC-19 (APG19-2) di Legian, Badung, Bali, Senin (17/7/2017).

Peran itu, dalam sambutan Menteri Kominfo yang dibacakan Direktur Jenderal Sumber Daya Pos dan Perangkat Informatika Ismail telah berkembang pada promosikan kerja sama, pertukaran informasi dan pemanfaatan spektrum yang efektif di kawasan Asia Pasifik. “Sebagai bagian dari usaha ini, Indonesia telah berjanji untuk mendukung beberapa ahli kami sebagai pembawa APG. Seperti yang mungkin Anda ketahui, mereka telah memberi kontribusi positif pada APG,” tutur Dirjen Ismail.
Peluang Kerjasama dan Kolaborasi

Menurut Menteri Rudiantara, sebagai negara berkembang yang memiliki kepadatan penduduk keempat di dunia, Indonesia masih memerlukan sumber daya dan bantuan yang luar biasa dari pihak-pihak yang berkepentingan dalam meningkatkan infrastruktur telekomunikasi/IT dan sektor lainnya.

“Kami tentu terbuka untuk bantuan dan berbagi pengalaman dengan anggota lainnya. Pertemuan APG ini merupakan kesempatan bagus untuk berbagi setiap kemajuan, pengalaman, inovasi dan komitmen kami,” tandasnya.

Dalam kesempatan sambutan itu, Menteri Kominfo menuturkan pengalaman Indonesia dalam pengembangan koneksi telekomunikasi informasi ke seluruh wilayah Indonesia. “Sejak awal tahun lalu, kami telah terlibat dalam menghubungkan 57 daerah terpencil yang tersisa dari lebih dari 500 Kabupaten, dengan akses broadband, melalui Proyek Palapa Ring. Pembiayaan dilakukan swasta atau perusahaan konstruksi yang berminat dengan operasi yang terjamin selama 15 tahun,” tuturnya.

Apresiasi Kepemimpinan Baru

Lebih lanjut, Menteri Rudiantara mengatakan saat ini dari 57 kabupaten di Indonesia, terdapat 35 kabupaten yang berada di bagian timur kepulauan. “Pulau-pulau yang tersebar di Maluku, Papua Barat dan Papua yang berbatasan dengan PNG. Kabupaten ini meski terpencil, sangat potensial untuk sumberdaya alam dan berada di antara dua samudera dan secara praktis merupakan pusat masa depan di antara dua atau tiga benua,” tandasnya.

Indonesia, menurut Menteri Kominfo sangat menyadari arti pentingnya APG dan berusaha untuk mengambil bagian dalam upaya berbagai pencapaian TIK. “Saya atas nama Menteri Komunikasi dan Informatika mengucapkan selamat bagi terpilihnya Ketua APG yang baru Dr. Kyu Jin Wee dan mengharapkan akan memimpin pertemuan APG-19 dengan sukses,” katanya.

Tak lupa, Menteri Rudiantara menyampaikan penghargaan kepada delegasi yang berpartisipasi dari negara tetangga dan kawasan Asia Pasifik. “Kami, Sekretariat APT dengan senang hati membantu. Dan rekan-rekan saya dari Komite Tuan Rumah akan senang melaksanakan tugas yang luar biasa dalam menyelenggarakan acara ini,” tegasnya. (nwi)