Halloapakabar.com, Jakarta – Beberapa earphone memiliki kabel yang panjangnya berbeda antara kiri dan kanan. Apa alasan kabel tersebut panjang sebelah? Berikut adalah ulasan lengkapnya.

Apakah kalian salah satu orang yang hobi mendengarkan musik atau melakukan panggilan telepon lewat earphone? Jika iya, pernahkah kalian memperhatikan bahwa panjang kabel dari Earphone tersebut berbeda antara kiri dan kanan? Sebelum memulai penjelasannya, pastikan kalian sudah tahu terlebih dahulu perbedaan antara Headphone, Headset dan Earphone. Jika belum, kamu bisa baca artikel berikut: Headphone Vs Headset Vs Earphone, Lebih Nyaman Mana?

Seperti dikutip Halloapakabar.com, meski tidak semua earphone memiliki panjang kabel berbeda, hal tersebut tentu membuat beberapa orang penasaran. Agar tidak penasaran lagi, inilah alasannya.

Setiap earphone memiliki tanda untuk membedakan antara kiri dan kanan. Huruf R (right) untuk sebelah kanan dan huruf L (left)untuk sebelah kiri. Selain tanda L dan R, kabel yang panjang sebelah juga digunakan untuk membedakan earphone tersebut. Kenapa harus dibedakan antara kiri dan kanan?

Manusia memiliki dua telinga di bagian kiri dan kanan. Saat memasang kedua earphone, efek suara akan lebih nyata dibanding hanya pasang satu earphone. 

Saat memasang kedua earphone, tentu kita juga pernah mendengar lagu yang berjalan dari kiri ke kanan atau bahkan memutari kepala kita, hal itu dinamakan efek stereo dan surround.

Efek stereo juga dikarenakan telinga manusia merupakan organ yang cukup kompleks. Perlu kamu ketahui, telinga manusia terdiri dari susunan tulang-tulang kecil yang memiliki fungsi berbeda-beda. Hal inilah yang membuat suara yang masuk ke bagian kiri dan kanan juga bisa berbeda.

Untuk membedakan antara earphone kiri dan kanan adalah tanda L dan R. Selain itu, kabel yang panjang sebelah juga digunakan untuk membedakan earphone tersebut. 

Biasanya kabel sebelah kanan lebih panjang daripada kabel sebelah kiri. Alasannya adalah untuk mempermudah pengguna saat menaruh handphone atau pemutar musik yang dicolokkan ke earphone pada kantong sebelah kiri.

Saat pengguna menaruh handphone atau pemutar musik di kantong sebelah kiri. Otomatis jarak yang ditempuh di kabel sebelah kanan akan lebih panjang. Hal itulah yang membuat kenapa kabel kanan earphone lebih panjang daripada kiri.

Selain itu, panjangnya kabel juga digunakan untuk membedakan saat kita ingin menggunakan earphone di tempat gelap. Ditempat gelap, tanda L dan R tidak terlalu kelihatan. Untuk mempermudah membedakan antara bagian kiri dan kanan pada sebuah earphone saat di tempat gelap, kamu hanya perlu meraba kabel earphone tersebut.

Alasan lainnya adalah untuk mempermudah penangkapan suara kita saat menelpon. Pada bagian kiri biasanya tersedia Mic untuk merekam suara. Karena bagian kiri adalah kabel pendek, tentunya penangkapan suara akan lebih baik dibandingkan jika Mic ditaruh di kabel kanan.

Itulah beberapa alasan kenapa earphone memiliki kabel yang panjang sebelah. (Syf)