Halloapakabar.com, Kroasia – Salah satu musisi jazz ternama Indonesia, Dwiki Dharmawan, tampil pada acara Indonesian – Croatian Jazz Night di Booze n Blues Bar Zagreb, Kroasia, pada Rabu pekan lalu.

Dengan komposisi pemain Dwiki Dharmawan – piano, Borko Rupsina – Drum, Zvonimir Sestak – Bass, Ivica Premelc – Tenor Saxophone, Kamal Musallam – gitar elektrik dan Oud, acara Indonesian – Croatian Jazz Night yang baru pertama kali diadakan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Zagreb ini sukses menuai perhatian masyarakat Kroasia, khususnya para pecinta musik Jazz dan juga stasiun Croatian Radio.

Para penonton yang sangat antusias untuk melihat penampilan Dwiki Dharmawan dan para musisi Koasia tersebut rela berdesak-desakan di dalam bar berkapasitas 300 orang tersebut.

Kegiatan Indonesian – Croatian Jazz Night ini dibuka oleh PF. Ekonomi KBRI Zagreb, Widjoseno Sastroamidjojo, yang menyampaikan bahwa Dwiki Dharmawan merupakan salah satu musisi Jazz dan pianis terbaik Indonesia yang dikenal secara internasional, sehingga KBRI Zagreb merasa terhormat bisa mengorganisir pertunjukannya di Zagreb.

Bapak Widjoseno juga menyampaikan terima kasih atas dukungan pihak Booze n Blues dan musisi Jazz Kroasia yang turut berkolaborasi sehingga acara ini dapat sukses dilaksanakan.

Lagu pembuka Jazz for Freeport ciptaan Dwiki Dharmawan sukses menghipnotis penonton. Sebanyak 12 lagu dimainkan dalam konser ini, antara lain Rintak Rebana, Samarkand, bahkan lagu daerah Bubuy Bulan. Selain itu lagu Out of my City karya Kamal Musallam, musisi asal Yordania yang menjadi rekan tur Eropa Dwiki Dharmawan, juga sukses menarik perhatian penonton. Kehadiran Kamal Musallam yang memainkan Oud – gitar dari Timur Tengah – memberikan nuansa baru pada komposisi musik Jazz yang dimainkan.

Suksesnya acara ini membuktikan bahwa musik adalah bahasa universal. Diharapkan melalui keberhasilan ini akan membuka kemungkinan diadakannya kegiatan serupa setiap tahunnya sebagai bagian dari upaya soft diplomacy KBRI Zagreb untuk meningkatkan hubungan antara Indonesia dan Kroasia, terutama melalui people-to-people contact. (nwi)