Halloapakabar.com, Jakarta – Di Indonesia, bisnis e-commerce semakin moncer dengan pemain yang terus bertambah. Ingin memaksimalkan eksistensi, Blibli.com, salah satu e-commerce semakin menunjukkan kiprahnya sebagai salah satu online shop terbesar di tanah air.

Pengalaman belanja online yang aman, nyaman, mudah, menyenangkan, di mana saja dan kapan saja terus menjadi komitmen Bli-bli.com. Tidak heran berbagai inovasi layanan terus dikembangkan.

“E-commerce lebih dari sekadar berjualan secara online, tapi juga bagaimana membuat ekosistem yang aman dan nyaman untuk seluruh stake holder belanja online. Untuk itu, kami fokus menghadirkan value ke dalam e-commerce,” jelas Kusumo Martanto, CEO Blibli.com di acara media gathering and warehouse visit di warehouse Cawang, Jakarta Timur.

Blibli.com saat ini mempunyai tiga warehouse di Jakarta, yaitu di Batu Ceper, Cakung, dan Cawang. E-commerce yang berdiri 25 Juli 2011 ini intens mengembangkan diri. Mulai dari membangun platform yang mudah dan nyaman di akses berbagai perangkat, layanan pelanggan 24/7, hingga menyediakan beragam jenis produk sesuai kebutuhan pembeli.

“Ada ratusan ribu produk pilihan dari 15 kategori yang tersusun sistematis. Handphone, fashion, ibu & anak, hingga galeri Indonesia. Kami juga dipercaya menjadi official online store untuk puluhan brand dan merchant ternama. Ini semua untuk menghadirkan lebih banyak pilihan dan memberikan jaminan kualitas kepada konsumen,” ungkap Kusumo Martanto kepada Ekbisyes.com.

Dalam acara warehouse visit, Blibli.com mengajak tour awak media melihat kerja keras awaknya memberikan layanan dengan sistem terintegrasi. Diawali dari sistem manajemen di gudang penyimpanan, manajemen stock, sistem quality control, proses packaging (pengemasan), hingga pengiriman barang yang tepat waktu.

E-commerce ini juga didukung sistem pergudangan modern dan layanan ekspedisi Blibli express. Terdapat tiga warehouse atau gudang penyimpanan barang di Jakarta, yakni di Cawang, Cakung, dan Batu Ceper, dengan total area 16.000 m2. Ke depan akan ada enam gudang tambahan dengan total area 200.000 m2, berikut dengan 200 fullfilment center.

Sistem terintegrasi Blibli.com dimulai dari inbound (pengecekan spedifikasi dan kualitas barang), fulfillment (pengemasan barang sesuai order) dan outbond (rekapitulasi data) sebelum dikirim ke konsumen. Semua tahapan ini terintegrasi dengan online database. Artinya , stock barang, mulai dari jumlah, jenis hingga lokasi penempatan di dalam gudang terdata secara  real-time.

Dengan demikian kesalahan processing order bisa ditekan menjadi almost zero mistake. Big Fans of Good Life Ramadhan Masuk minggu kedua Ramadhan, tren belanja Blibli.com meningkat. Terutama busana muslim yang meningkat tiga kali lipat dan kuliner dua kali lipat dari biasa. Terlebih dengan adanya program Ramadhan, seeprti Belanja Kebaikan dan Mobil Baru 10 Ribu.

Hal ini diungkapkan Tabah Yudhananto, Senior Manager Digital Marketing, Research dan CRM Blibli.com. Untuk itu kapasitas layanan dan logistik di warehouse dinaikkan dua kali lipat. “Kami memiliki 2 tipe besar consumer promo, yakni promo yang berlaku untuk semua kategori yang ada di Blibli.com, dan ada juga yang khusus hanya berlaku di kategori tertentu,” jelasnya.

Promo yang berlaku di semua kategori produk pilihan Blibli.com seperti #BelanjaKebaikan, Same day delivery, Double THR, dan Promo #MobilBaru10Ribu. Kategori tertentu pun juga terdapat promosi yang tidak kalah menarik. Misalnya promo untuk Ibu dan Anak, Fashion wanita dan Fashion Pria, Kebutuhan Rumah tangga dan bahan masakan, sampai ke kategori hobi seperti kamera, gadget dan elektronik. (elz/hlb)